Search
  • Onna Batam

DUA HAL PENTING YANG DAPAT MEMBUAT HUNIANMU MENJADI RUMAH YANG SEHAT

Dalam membangun sebuah hunian yang ideal untuk keluarga, selain faktor keindahan secara estetika, faktor kesehatan merupakan aspek penting lain yang perlu diperhatikan. Rumah yang sehat adalah idaman semua orang, hal itu antara lain dapat diperoleh dengan sirkulasi udara atau ventilasi dan pencahayaan yang baik.

Memiliki rumah yang sehat dan nyaman pasti merupakan idaman semua orang. Rumah yang sering dibersihkan dan di rapikan tidaklah menjamin terwujudnya rumah sehat seutuhnya, karena pokok utama dari rumah yang disebut dengan rumah sehat itu adalah pada ventilasi udara dan pencahayaan yang baik.

1. Ventilasi

Ventilasi udara memegang peranan penting dalam mengalirkan udara yang ada disetiap ruangan. Fungsi ventilasi rumah adalah menjaga agar aliran udara di dalam rumah tersebut tetap segar, juga membebaskan udara ruangan dari bakteri-bakteri. Kurangnya ventilasi akan menyebabkan kurangnya oksigen di dalam rumah yang berarti kadar karbondioksida yang bersifat racun bagi penghuninya menjadi meningkat.

2. Pencahayaan

Bukan hanya ventilasi, rumah yang sehat juga memerlukan cahaya yang cukup, tidak kurang dan tidak terlalu banyak. Sumber cahaya yang paling baik untuk sebuah ruangan adalah yang bersumber pada cahaya matahari karena selain hemat energi sekaligus juga menyehatkan. Kurangnya cahaya yang masuk ke dalam rumah, menjadikan rumah media atau tempat yang baik untuk hidup dan berkembangnya bibit-bibit penyakit. Sebaliknya, terlalu banyak cahaya di dalam rumah akan menyebabkan silau dan akhirnya dapat merusakkan mata. Anda bisa menggunakan tirai/gorden untuk mengatur banyak atau sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam rumah.


23 views0 comments